Home » » Senjata Pemusnah Robot, adakah?

Senjata Pemusnah Robot, adakah?

Written By Unknown on Rabu, 20 November 2013 | 16.13

big dog robot militer AS
Robot Militer AS - BIG DOG

Browsing situs bookmarking, mrikito mendapatkan sebuah tulisan yang mengulas masalah robot yang bakal banyak menggantikan kerja manusia 10 tahun mendatang. Dari sisi industri ekonomi, nampaknya cukup menarik karena akan banyak membantu dan mempermudah sisi produksi.

Di sisi lain ada bahaya yang cukup harus diwaspadai, karena industri militer juga terus mengembangkan robot artifisial sebagai senjata. mrikito cari beritanya, nampaknya militer negara maju sudah pada tingkat yang tinggi untuk dapat menggunakan robot sebagai senjata. awal tahun kemarin salah satu media berita di AS telah menayangkan sebuah video robot tentara yang telah dapat bergerak seperti layaknya manusia. Dengan melihat hal ini, tentunya robot akan menjadi senjata berbahaya jika jatuh ke tangan penjahat.

Seperti di film-film sci-fi hollywood, apalagi film Terminator Salvation dimana robot menguasai manusia atau Film Matrix yang bercerita kurang lebih sama juga. Di film-film tersebut adalah sebuah imajinasi dari otak yang logis, yang mungkin saja itu dapat terjadi meski mungkin ceritanya berlebihan.

Jika kita mencoba membuka karya-karya imajinasi manusia eropa 1 abad yang lalu atau sekitar abad 18, ada beberapa lukisan sci-fi yang menggambarkan seperti apa kondisi manusia saat ini. Dan nyatanya beberapa imajinasinya mereka terbukti telah menjadi kenyataan saat ini. Meskipun ada sisi imajinasi yang berlebihan.


Kenyataan kini ada robot yang telah dapat bergerak seperti manusia, memiliki kecerdasan buatan, jika alat seperti ini jatuh ditangan orang pintar yang bejat tak bermoral, akan menjadi senjata yang berbahaya. Oleh sebab itu membaca berita-berita adanya perkembangan robot seperti tersebut diatas, tiba-tiba saja mrikito terpikirkan pertanyaan, adakah yang mengembangkan senjata pemusnah robot. Ya terinspirasi juga seperti film sci-fi tersebut diatas. Para kelompok perjuangan manusia, memiliki sebuah senjata elektrik yang dapat melumpuhkan sistem elektrik robot. Tonton saja film Terminator Salvation atau Matrix Revolution.

Mrikito pun coba mencari jawabannya , browsing lewat mesin pencari. Ternyata AS sendiri yang juga giat mengembangkan robot militer, tahun 2012 lalu telah mengembangkan sebuah senjata yang bisa melumpuhkan peralatan elektronik (sumber info dari situs national geography Indonesia).  Alat ini ditempatkan disisi pesawat dan jika ditembakan memancarkan radiasi yang akan merusak peralatan eletronik. Pengembangan lanjut alat ini tentunya juga dapat menjadi senjata yang dapat merusak sistem kerja robot.

Para peneliti robot di Indonesia Seharunya juga perlu mengembangkan alat semacam ini. Ya kan sedia payung sebelum hujan. Siapa tahu imajinasi-imajinasi dalam sci-fi menjadi kenyataan, atau setidaknya mungkin saja kelompok-kelompok mafia kejahatan menggunakan senjata robot juga.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.