Home » » Lintas.me Dah Milik Web Besar ya?

Lintas.me Dah Milik Web Besar ya?

Written By Unknown on Senin, 18 November 2013 | 19.08

Meski blog ini baru hadir, tapi dibalik mrikito sebenarnya sudah pemain blog lama. Admin mrikito ini sudah sejak 2008 main blog. Jadi cukup sedikit tahu masalah dunia blogging Indonesia. Khususnya lagi yang mau sedikit mrikito bahas kali ini adalah soal web bookmarking Indonesia yang bisa dibilang terbesar di Indonesia. Apa itu? tentu yang blogger udah pada tahu kan. Lintas.me

Lintas.me seingat mrikito awalnya adalah lintasberita.com lalu beberapa tahun belakangan berubah jadi lintas.me. Mrikito masih ingat dulu awal-awal berdiri lintasberita, marketingnya antusias banget untuk membokmark posting-posting para blogger lalu setiap halaman post yang dibookmar olehnya ditinggalin komentar yang isinya memberitahukan bahwa postnya sudah di bookmark di lintasberita, dikasih linknya juga. Dan memang terlihat dari sisi statistik post yang dibookmark tiba-tiba dikunjungi banyak orang, entah itu beneran orang atau hanya robot mrikito gak tahu.

Kenapa mrikito curiga sedikit kalau bisa jadi itu hanya robot? soalnya dari beberap grup blogger yang pernah mrikito ikuti, beberapa blogger memakai robot untuk terlihat memiliki banyak pengunjung. Mrikito pernah ditawari sebuah blog baru, seminggu sudah punya visitor ribuan perharinya. Padahal postnya aja gak lebih dari sepuluh dan isinya gak menarik. Saya yakin betul itu pasti pakai robot. Waktu itu ditawarin blognya seharga 150ribu. Masak dia mau jual cuma 150ribu untuk blog dengan pengunjung segitu? aneh kan?

Balik lagi ke masalah lintas.me. Jadi saya gak tahu waktu itu apakah pengunjung dari lintasberita yang masuk ke blog itu asli orang atau hanya robot. Tapi yang jelas, membuat blogger seperti mrikito yang belum banyak tahu, langsung tertarik untuk ikut gabung dalam anggota lintasberita. Beberapa kali post yang dibookmark, asalkan diganti dengan judul dan isi yang menarik dan membuat penasaran, menjadi populer selama beberapa jam. Sehingga traffik  pengunjung juga meningkat. Semakin hari terlihat lintasberita pun semakin banyak membernya dan semakin populer di kalangan blogger dan tentu dengan tujuan utama untuk mendulang banyak pengunjung ke blognya.

Namun nampak setelah beberapa tahun kebijakan sistem dari lintasberita mulai berubah, apalagi setelah berganti nama menjadi lintas.me. Perombakan besar sistem dan desain webnya juga terjadi. Nampak vendor ingin mengarahkan member ke arah situs sosial bookmarking yang lebih sosial. ini pandangan mrikito sendiri sih.

Perombakan sistem dan desain gak masalah bagi mrikito sendiri selaku member, namun lambat laun nampak kebijakan berubah drastis, terutama dari sisi bisnis vendor. Terlebih lagi tahun 2013 ini, begitu nampak lintas.me mengejar pemasukan. Apakah ini untuk mengganti biaya yang digelontorkan diawalnya? mungkin saja.

Awalnya sih bagi mrikito gak terlalu masalah. Namun beberapa bulan terakhir yang semakin menjadi masalah bagi mrikito. lintas.me nampak lebih berpihak kepada web-web besar dan ternama. Para blogger yang "ikut Membangun" konten mulai "tersingkirkan". Kini tidak banyak blog-blog biasa yang tampil di halaman utama lintasme. Coba saja sekarang kunjungi webnya, web apa saja yang tampil di halaman utama? Web ternama kan? Dulu , atau tahun lalu masih 90% diisi oleh para blogger.

Jika kondisi seperti ini terus berlanjut akhirnya blogger seperti mrikito hanya akan meninggalkan lintasme. Karena tidak ada lagi manfaat yang didapat oleh blogger dari situs itu, buat apa lagi berkunjung atau malah memasukan konten?

Tulisan ini, hanya ungkapan uneg-uneg kepada vendor lintasme, semoga menjadi masukan yang berguna.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.