Home » » 5 Ciri Penting Makanan Sehat

5 Ciri Penting Makanan Sehat

Written By Unknown on Minggu, 17 November 2013 | 17.12

MRIKITO - Makan sehat bukan tentang mengurangi jumlah, atau mengikuti aturan gizi yang ketat atau melaparkan diri untuk menurunkan berat badan. Ini adalah tentang mendapatkan hal sehat dan tetap sehat dengan membuat pilihan cerdas atas makanan, termasuk melihat ukuran porsi, membatasi konsumsi lemak, makananan alami, seluruh makanan seperti buah-buahan, sayuran dan biji-bijian dan mengurangi makanan olahan dalam makanan.

Kontrol Porsi

Keseimbangan adalah salah satu dasar dari diet yang sehat , dan mengontrol porsi akan membantu Anda menikmati makanan yang Anda cintai dengan cara yang sehat . Melayani ukuran lebih besar dari pada sebelumnya dalam restoran , dan banyak orang tidak tahu ukuran porsi yang tepat untuk makanan . Misalnya, satu porsi pasta adalah sekitar setengah cangkir dimasak, tetapi ukuran layanan di restoran sering kali melebihi jumlah itu . Untuk mengontrol ukuran porsi dan mendapatkan jumlah yang tepat untuk nutrisi setiap makan , membagi piring Anda menjadi empat bagian. Seperempat dari piring harus karbohidrat kompleks, seperti pasta atau kentang atau nasi. Seperempat harus daging atau protein lain dan sisanya harus dialokasikan untuk sayuran . 

Buah dan Sayuran

Buah-buahan dan sayuran yang sarat dengan vitamin, antioksidan, serat dan mineral tapi mengandung sedikit kalori . Membuat buah-buahan dan sayuran bagian dari makanan biasa Anda, dapat mengurangi risiko mengembangkan penyakit kronis tertentu, seperti kanker, dan menyediakan tubuh Anda dengan nutrisi yang penting untuk kesehatan yang baik . Makanan nabati juga termasuk, karena kandungan serat yang tinggi, sehingga dapat mencegah rasa lapar dan mengurangi godaan untuk pesta makan kemudian .

Biji-bijian

Seluruh biji-bijian, seperti oatmeal, beras merah dan pasta, tepung gandum, tepung jagung dan seluruh bulgur, dapat menurunkan resiko terkena penyakit kardiovaskular, termasuk stroke dan penyakit jantung. Membuat biji-bijian menjadi bagian dari diet Anda juga dapat mengurangi risiko terkena asma, penyakit gusi, kehilangan gigi, tekanan darah tinggi, kanker kolorektal dan penyakit inflamasi.

Membatasi Lemak

Sementara lemak sangat penting untuk diet yang sehat, beberapa jenis lemak harus dihindari. Lemak jenuh, misalnya, berasal dari sumber hewani, meningkatkan kadar kolesterol darah dan meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2 dan penyakit kardiovaskular. Lemak trans juga harus dihindari untuk alasan yang sama. Lemak sehat yang harus dikonsumsi secara moderat termasuk lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda. Sumber termasuk kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, minyak zaitun dan alpukat.
  

Membatasi Makanan Olahan

Sodium berkontribusi untuk tekanan darah tinggi, yang meningkatkan risiko penyakit jantung koroner atau stroke. Sampai tiga perempat garam dalam diet orang Amerika yang rata-rata berasal dari makanan olahan. Garam digunakan sebagai aditif untuk mengubah warna atau tekstur makanan dan sering digunakan sebagai pengawet atau pengubah rasa. Banyak produk olahan, seperti sup kalengan, roti, pasta, salad dressing, makanan ringan dan sereal, mengandung kadar sodium yang tinggi. Menghindari makanan ini dapat membantu membatasi natrium dalam diet Anda dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.